soal-soal organisai manajemen kesehatan

11 Apr

Konsep organisasi

1.Analisis yang tidak diperlukan dalam mendiagnosis sebuah organisasi adalah …
A. himpunan strategi hubungan B. himpunan strategi kemampuan individu
    C. divisional dan fungsional       D. himpunan strategi kegiatan

2. Taktik dapat digunakan sebagai salah satu pertimbangan dan bagian yang bersifat …
A. kepanitian sementara B. situasional C. khusus D. insidental

3. Memberlakukan kebijakan atau program sangat dimungkinkan ketika memegang …
A. amanat B. kekuasaan C. jabatan D. kepemimpinan

4. Membuat rancang bangun yang baik dan membuat kinerja meningkat dengan …
A. modernisasi B. spesialisasi C. kebersamaan D. menyatukan tugas

5. Departementasi atas dasar fungsi berbentuk …
A. konsinyasi B. rayonisasi C. divisi D. Regional

Konsep kepemimpinan
1. Kelompok yang paling rentan mengalami perilaku tidak etis adalah …
A. tenaga kerja baru B. tenaga kerja wanita C. lulusan diklat D. tenaga ikatan dinas

2. Kepemimpinan/keteladanan adalah sumber perilaku etis sekaligus perilaku non-etis …
A. ragu-ragu B. benar C. tidak benar D. tidak mungkin

3. Pemimpin yang tidak etis akan diikuti oleh bawahan/anak buahnya …
A. ragu-ragu B. benar C. tidak benar D. tidak mungkin

4. Perilaku pemimpin yang etis akan diteladani oleh bawahan/anak buahnya …
A. ragu-ragu B. benar C. tidak benar D. tidak mungkin

5. Hal yang penting dalam pengawasan adalah keseimbangan antara pengawasan            organisatoris dengan …
    A. kebebasan individual B. pendelegasian wewenang C. prosedur kerja D. rencana pengawasan

Organisasi manajemen pelayanan kesehatan

  1. Macam-macam evaluasi, ya’ni kecuali…
    1. Formative Evaluation
    2. Promotive Evaluation
    3. Summative Evaluation
    4. D.    Education evaluation
  2. Apa yang dimonitor,kecuali ?
    1. Input
    2. Output
    3. Outcome
    4. Outdown
  3. Manfaat monitorang, kecuali?
    1. Memberikan masukan dlm manajemen (diketahuinya masalah sedini mungkin)
    2. Memberikan gambaran hasil evaluasi (dpt menaksir hasil akhir pelaksananaan suatu program)
    3. Dapat menilai pelaksanaan program
    4. D.    Merupakan upaya untuk mengamati pelayanan dan cakupan program
  4. Langkah-langkah dalam Manajemen Pelayanan,kecuali?
    1. Perencanaan (P1)
    2. Pelaksanaan (P2)
    3. Pengawasan, Pengendalian, Penilaian (P3)
    4. D.    Evaluasi
  5. Fungsi manajemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, penilaian adalh pengertian dari
    1. A.     Administrasi
    2. Organisasi
    3. Pelayanan kesehatan
    4. Manajemen

Dari visi sampai realita

  1. Strategi Bisnis kecuali?
    A. Target pelanggan/ pasar
    B. ‘Ruang’ kelanggengan keunggulan kompetitif
    C. Peran mitra mata rantai supply
     D. Kerangka organisasi
  2. Strategi Operasional,kecuali?
    A. Terjemahkan strategi bisnis pada tingkat operasional dan kegiatan mata rantai supply
    B. Berikan nilai tambah untuk pelanggan
    C. Kembangkan kompetensi ini

                      D. Pencapaian tujuan

i

  1. Strategi Fungsional, kecuali?
     A. Pemasaran
    B. Keuangan
    C.Sumberdaya Manusia
     D. Kinerja yang terinteregasi
  2. satu kebijakan diharapkan dapat mewujudkan hasil yang diinginkan; merupakan program ‘dalam angka’  adalh pengertian dari
    1. A.     anggaran
    2. prosedur
    3. program
    4. strategi
    5. langkah ke 3 dari visi ke realisasi, ya’ni
      1. Klarifikasi Nilai-nilai
      2. Definisikan misi
      3. C.    Ciptakan visi
      4. Implementasi visi

Manajemen pelayanan publik

  1. Metode penilaian kepuasan pelanggan, kecuali
    1. Sistem Keluhan dan Saran
    2. Ghost Shopping
    3. Lost Customer Analysis
    4. D.    Sistem pelayanan jasa
    5. Langkah-langkah Penilaian Kepuasan Pelanggan, kecuali
      1. Penetapan Tujuan
      2. Seleksi Metoda
      3. Pembuatan Alat Pengumpulan Data
      4. D.    Mengumpulkan hasil yang di raih
      5. Alasan efisiensi adalah
        1. A.     pasien puas mudah dilayani
        2. pasien adalah informal public relation melalui word of mouth recommendation
        3. Pasien puas, pasien kembali, laba yankes meningkat
        4. pelayanan baik & bermutu, bagian dari penyembuhan, hubungan dokter pasien harmonis, reputasi baik, mendorong loyalitas pasien
        5. pelanggan eksternal adalah
          1. A.     orang yang menggunakan produk/jasa dan tidak bekerja di dalam organisasi yang berurusan dengan kita
          2. pasien yang memiliki keinginan dan harapan
          3. Respon/hasil/evaluasi terhadap kesesuaian pengalaman mengkonsumsi suatu produk/jasa dengan harapan
          4. Keadaan dimana kebutuhan, keinginan dan harapan pelanggan dapat dipenuhi
          5. Ada barapa manajemen dalam pelayanan publik
            1. 5
            2. 6
            3. C.     7
            4. 8

Konsep manajemen

  1. Profesi medis dan keperawatan, ciri-ciri, kecuali
    1. Ilmunya sangat spesifik dan eksklusif.
    2. Mempunyai ikatan profesi yang kuat.
    3. Dominan dalam keputusan pelayanan kesehatan
    4. D.    bersatu antara profesi medik dan keperawatan
    5. Manager, ciri-ciri, kecuali
      1. Diakui sebagai profesi
      2. Concern terhadap efisiensi dan optimality
      3. Dianggap dibawah profesi medis terutama di Indonesia, merupakan kelemahan manager : selalu dibawah spesialis
      4. D.    Sangat concern dengan pelaksanaan pelayanan menurut standar.
      5. Investor, ciri-ciri, kecuali?
        1. Tidak berlaku untuk RS Pemerintah.
        2. Pemilik.
        3. Mempunyai motivasi bisa ekonomi atau social
        4. Umumnya tidak “cost conscious” (tak sadar biaya).
        5. Pemerintah, ciri-ciri, kecuali?
          1. Berfungsi sebagai regulator.
          2. Concern kepada accountability kebijakan thd kepentingan masyarakat
          3. Sangat mempengaruhi POAC di RS
          4. D.    Tidak banyak mengetahui tentang aspek medis dan etika medis.
          5. Definisi Fungsional ® fungsi fungsinya, kecuali
            1. Organizing dan staffing.
            2. Planning.
            3. Mengendalikan kegiatan (controlling).
            4. D.    fungsi organik (fungsi yang harus dilakukan)

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: